cme

Loading

Rabu, 29 Januari 2014

cara menularnya HIV

HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TENTANG HIV/AIDS
DENGAN KECEMASAN TERTULAR HIV/AIDS PADA WPS (Wanita Penjaja Seks)
LANGSUNG DI CILACAP

RELATIONSHIP BETWEEN PEMAHA MAN ON HIV / AIDS ANXIETY INFECTED WITH HIV/AIDS IN WPS (sex workers ) LIVE IN CILACAP

Rossy Anurmalasari, Karyono, Kartika Sari Dewi
PENDAHULUAN
Perkembangan HIV/AIDS menunjukkan lonjakan yang sangat tinggi. Bahkan banyak orang
yang meninggal karena AIDS. HIV/AIDS tidak hanya menyerang mereka yang tinggal
di kota besar,akan tetapi sekarang sudah merambah ke daerah-daerah seperti di
Kabupaten Cilacap. Dalam perkembangannya jumlah penderitaHIV/AIDS di Kabupaten
Cilacap semain meningkat, bahkan wilayah tersebut diklaim memiliki daerah resiko tinggi.
METODE
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini adalah penelitian korelasi onal karena mencari hubungan antara dua variabel. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling , yaitu pemilihan kelompok subyek didasa rkan pada ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya (Hadi, 2004, h.186). Hal tersebut didukung oleh Winarsunu (2004, h.15) yang menjelaskan bahwa teknik sampel purposif dikenakan pada sampel yang karakteristiknya sudah ditentukan dan diketahui lebih dulu berdasarkan ciri dan sifat populasinya. 

PEMBAHASAN
Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Pemahaman Tentang HIV/AIDS dengan Kecemasan Tertular HIV/AIDS yang dit unjukkan dengan koefisien korelasi 0,515 dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Angka positif pada korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Pemahaman Tentang HIV/AIDS dengan Kecemasan Tertular HIV/AIDS
HASIL
Tabel 1 berikut ini memaparkan hasil korelasi antara pemahaman tentang HIV/AIDS dengan kecemasa
n tertular HIV/AIDS
SIMPULAN
1.Terdapat hubungan yang signifikan p= 0,000 (p<0,05) antara PemahamanTentang HIV/AIDS dengan Kecemasan Tertular HIV/AIDS pada WPSLangsung di Cilacap, dengan rxy= 0,515 yang artinya ada hubungan positifantara Pemahaman Tentang HIV/AIDS dengan Kecemasan TertularHIV/AIDS, sehingga hipotesis penelitianyang menyatakan ada hubungan positif antara Pemahaman Tentang HIV/AIDS dengan Kecemasan TertularHIV/AIDS diterima. 
SARAN
1.Subjek
Subjek yang merupakan WPS Langsung di Cilacap pada dasarnyabanyak memiliki pengetahuan tentang HIV/AIDS. Namun persepsi yangsalah terhadap pengetahuan HIV/AIDS akan membuat subjek memiliki
pemahaman yang salah tentang HIV/AIDS. Disarankan subyek meningkatkan motivasinya untuk lebih rutin dan aktif mengikuti PE dan penyuluhan yang diadakan LSM maupun Dinas Kesehatan agar pengetahuan tentang HIV/AIDS yang di peroleh benar dan tepat sehingga akan meningkatkan pemahaman tentang HIV/AIDS.
 
DAFTAR PUSTAKA
Atkinson dkk. 1996.Pengantar Psikologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta : PenerbitErlangga.
Atwater, Easwood. 1983.Psychology Of Adjusment Personal Growth In A Changing World. New Jersey : Prentice-Hall Inc.
 
untuk keterangan lebih lanjut DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar