cme

Loading

Kamis, 30 Januari 2014

obesitas pada remaja

OBESITAS DAN HsCRP PADA REMAJA MAHASISWA BARU
DI UNIVERSITAS HASANUDDIN
 
 
 
OBESITY AND HsCRP CONTENT AMONG NEW STUDENTS
ADOLESCENT AT HASANUDDIN UNIVERSITY
 
Iriyani Harun, Veni Hadju, Nurpudji A Taslim
 
PENDAHULUAN
Obesitas menjadi masalah di seluruh dunia karena prevalensinya yang meningkat pada orang dewasa maupun remaja baik di negara maju maupun di negara berkembang. Prevalensi overweight dan obesitas meningkat sangat tajam di kawasan Asia Pasifik. Sebagai contoh, 20,5% dari penduduk Korea Selatan tergolong overweight dan 1,5% tergolong obes. Di Thailand, 16% penduduknya mengalami overweight dan 4% mengalami obes. Di daerah perkotaan Cina, prevalensi overweightadalah 12,% pada laki-laki dan 14,4% pada perempuan, sedang di daerah pedesaan prevalensi overweight pada laki - laki dan perempuan masing-masing adalah 5,3% dan 9,8%. (Vishuda, 2001)
 
BAHAN DAN METODE
Lokasi Penelitian 
Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasanuddin dengan melibatkan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013
Desain dan Variabel Penelitian
Rancangan penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain cross-sectional study.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kadar hsCRP ( High Sensitivity C Reactive Protein ), sedangkan variabel independen adalah IMT (Ideks Massa Tubuh ), lingkar pinggang dan persen lemak tubuh. 
 
HASIL
Status Obesitas dan Kondisi Lemak Tubuh
Tabel1 memperlihatkan bahwa terdapat (64,5%) responden yang mengalami obesitas berdasarkan pengukuran IMT dan yang normal sebesar (35,5%), sedangkan (66,1%) yang meng alami obesitas berdasarkan lingkar perut dan yang normal sebesar (33,5%). Dilihat dari kondisi lemak tubuh berdasarkan hasil pengukuran BIA ( Bioelectric Impedance Analysis) terdapat (64,5%) yang mengalami overfat dan yang normal sebesar (35,5%)
 
PEMBAHASAN
Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan kondisi obesitas terhadap kadar hsCRP ( High Sensitivity C Reactive Protein) pada remaja. Hasil dari pemeriksaan ini cukup bervariasi, dari total 62 responden maka didapatkan 24,2% yang mempunyai risiko tinggi, 38,7% risiko sedang dan 37,1% yang berisiko rendah. Sebuah penelitian cross sectional study di India menyatakan bahwa kadar hsCRP tinggi ( > 3 mg/l) mengindikasi terjadinya sindrom metabolik, oleh karena itu hsCRP dapat menjadi alat untuk mempr ediksi risiko sindrom metabolik (Anubha Ma hajan, 2012)

KESIMPULAN DAN SARAN
Kadar hsCRP remaja obesitas lebih berisiko dibanding remaja yang tidak obesitas,ada hubungan positif bermakna antara lingkar pinggang (LP) dengan kadar hsCRP pada remaja obesitas, dimana berisiko sebanyak 7 kali lebih besar peluangnya untuk meningkatkan kadar hsCRP, selain itu IMT juga mempunyai hubungan positif bermakna antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan kadar hsCRP pada remaja obesitas dengan risiko sebanyak 6 kali terjadi peningkatan hsCRP dan persen lemak tubuh juga ber hubungan positif bermakna antara dengan kadar hsCRP dengan risiko 6 kali lebih besar terhadap peningkatan hsCRP.
 
DAFTAR PUSTAKA
Anubha Mahajan, Alok Jaiswala, Rubina Tabassuma, Avijit Poddera, Saurabh Ghoshb, S.V.
Madhuc, Sandeep K. Mathurd
, Nikhil Tandone, Dwaipayan Bharadwaja.(2012).
Elevated Levels of C-Reactive Protein as a Risk Factor for Metabolic Syndrome
in Indians.
Journal homepage:
www.elsevier.com/locate/atherosclerosis.
Atherosclerosis 220 (2012) 275–281Depkes RI,(2011).
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.Riset Kesehatan Dasar2011.Jakarta: Balitbangkes
Fatma G. Huffman, Suzanne Whisner, Gustavo G. Zarini and Subrata Nath.(2010).
Waist Circumference and BMI in Relation to Serum High Sensitivity C -ReactiveProtein (hs-CRP) in Cuban Americans With and Without Type 2 Diabetes.Article. Int. J. Environ. Res. Public Health2010,7, 842-852;doi:10.3390/ijerph7030842
Festa, A, R. D'Agostino Jr, K. Williams, A.J. Karter, E.J. Mayer Davis, R.P. Tracy, et al.
(2001).The Relation of Body Fat Mass and Distribution to Markers of Chronic
Inflammation.International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders
25: 1407–1415.
 
untuk keterangan lebihlanjut silahkan download disini
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar